Minggu, 24 Mei 2015

Perkemahan dan Persembahan Budaya Antar Negara (China, Indonesia dan Malaysia)

Assalamu'alaikum wr wb dan Salam Sejahtera. Kali ini Saya Akan Bercerita Tentang Perjalanan Saya   dengan Teman-Teman dan Guru-Guru Saya Ke KL. Singkat Cerita, pada tanggal 15 Maret 2014. Guru-Guru dari SKTTDI 1 datang ke Al-Jannah untuk menandatangani Piagam Kerjasama Sekolah. Pihak Al-Jannah Ditandatangani Oleh Kepsek SD Al-Jannah sedangkan yang dari pihak SKTTDI 1 diwakili Guru Besar SKTTDI 1. Setahun Kemudian Semua Wali Kelas memberitahu kepada semua Murid-Murid nya tentang acara Ini. Kemudian, para murid berbondong-bondong mendaftar kepada wali kelas masing masing. Tapi lama kelamaan, banyak yang mengundurkan diri karena berbagai macam alasan. Dan kemudian Akhirnya kami yang diberangkatkan 17 Murid(14 SD 3 SMP), 5 Guru dan 5 Wali murid. Mau tau Ceritanya? mulai dari persiapan, keberangkatan, dll? kalo mau tau, langsung aja Check It Out.

BAB 1: Persiapan

Persiapan yang dilakukan antara lain: Berlatih Tari Tor-Tor, Baris-berbaris, Simpul menyimpul dan Tampil di Mal Ciputra Cibubur. Pertama kali Saya dan teman-teman saya berlatih senam Go Green, kemudian Sekitar 1 atau 2 Minggu kemudian kami berlatih Tari Tor-Tor dan dilatih oleh Pelatih yang kami Panggil "Bang Asrul". Pada saat kami berlatih Tor-Tor jam pulang sekolah kami jadi molor, yang tadinya Jam 16:00 jadi molor sampai jam 16:30, meskipun hanya setengah jam, kami juga merasa kelelahan dan pastinya Capek dan berkeringat. Setelah 4 Hari berlatih Tor-Tor kami tidak merasa lega karena kami Sangat sibuk karena UTS didepan Mata dan kami berlatih setiap jam 11:00 atau tepatnya selesai Jam pelajaran Ke-2 yang diujikan. Kami berlatih simpul-menyimpul, kerajinan tangan, Tari Tor-Tor, dll. Pada hari Sabtunya kami diminta datang ke sekolah untuk berlatih dari pukul 08:00-12:00. Pada hari itu Juga saya terpilih menjadi ketua kumpulan, tak terasa tinggal 1 minggu lagi kami akan diberangkatkan ke Malaysia. Minggu depannya, kami hanya berlatih 3 Hari.

BAB 2: Keberangkatan dan Hari Pertama

(Keterangan Foto: kami sempat berfoto di terminal 2D sebelum ke tempat tunggu)

Sehari sebelum keberangkatan. Kami melakukan Gladi Bersih 1 hari Penuh dan do'a bersama, Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, saatnya kami berangkat!! Yeeyyy Horree!!! Kami menaiki pesawat Malaysia Airlines MH712 Sekitar jam setengah 11 pagi. Kami take off meninggalkan bandara Soekarno Hatta. Pada saat kami di pesawat, kerjaannya paling tidak tidur, makan, menonton TV, melihat Awan, dan masih banyak lagi. Tak terasa kami sudah hampir Sampai di Kuala Lumpur International Airport. Setelah Landing kami mengambil bagasi, pengecekan di imigrasi dan berjalan menuju Terminal Kedatangan. Sesampainya di Terminal kedatangan, kami dijemput oleh 3 cikgu dari SKTTDI 1 dan setelah itu kami langsung berangkat untuk mencari makan siang. Akhirnya kami mendapatkan makan siang menggunakan nasi ayam di REST AREA. Karena saya sangat lapar, Saya sampai nambah 1 kali baru kenyang Karena saya sangat lapar, Saya sampai nambah 1 kali baru kenyang. Setelah makan siang, kami langsung city tour ke KLCC.
(Keterangan Foto: Saya dan 3 Teman Saya Berfoto di belakang Twin Tower dari kiri ke kanan: Ihaq, Daffa, Izzan dan Afiq)
Di KLCC, saya melihat Air Mancur berdansa, berfoto-foto di taman KLCC, setelah dari KLCC kami  sholat di Masjid Asy-Syakirin KLCC setelah sholat. Kami langsung menuju Masjid Al-Ghufran TTDI untuk beristirahat dan tidur malam.

Sesampainya di penginapan kami disuruh mandi dan Sholat maghrib. Setelah sholat Maghrib kami disuruh untuk mempersiapkan barang-barang yang dibawa untuk keesokan harinya. Setelah itu kami disuruh untuk mempersiapkan barang-barang tersebut dan kalau sudah selesai langsung makan malam menggunakan Nasi Goreng China Setelah itu, kami langsung Sholat Isya dan tidur. Keesokan harinya kami disuruh bangun 1 jam sebelum Shubuh.

BAB 3: Menginjakkan Kaki di SKTTDI 1

(Keterangan Foto: Kami semua berfoto di depan Dewan PIBG)
Kami bangun agak terlambat beberapa menit. Setelah sudah bangun semuannya Kami disuruh Mandi Bergiliran. Begitu kami selesai mandi dan langsung disuruh sholat Shubuh, Selesai Sholat Shubuh kami langsung menyantap sarapan Nasi Lemak (Nasi uduknya Orang Malaysia) di restoran Hotel, pada pagi itu cuaca cerah, embun di dedaunan, udara sangat sejuk, dan masih banyak lagi. Selesai Sarapan kami langsung dijemput satu per satu oleh "Cikgu" dari SKTTDI 1, sesampainya di SKTTDI kami langsung menuju ruang rapat Guru untuk menaruh tas. Setelah dari ruang rapat Guru kami langsung menuju Gedung Dewan PIBG untuk acara penyambutan. Didalam gedung Dewan kami disambut dengan pembacaan ayat-ayat al-qur'an dari murid SKTTDI, kami dari Al-Jannah menampilkan Adzan dan Lagu "Bunda", setelah kami dari Dewan PIBG, kami berfoto-foto terlebih dahulu di Depan Dewan PIBG dan Penanaman Pohon Oleh Kepala Sekolah AL-JANNAH dan SKTTDI 1. Setelah itu kami menuju ruang rapat guru, disana, kami diberikan beberapa info tentang SKTTDI 1 dan diberikan bermacam-macam Pertanyaan, setelah itu, kami menuju ruang jamuan, di ruang jamuan kami dijamu Bihun, Semangka dan Es Jeruk. Setelah dijamu, kami belajar bersama dengan Murid-Murid SKTTDI 1, satu kelas berisi 4 atau 5 Siswa/i Al-Jannah. Saya dan 3 Teman Saya mendapatkan kelas 4 Intan dan kebetulan sedang belajar Bahasa "Malaysia". Tema pelajaran Bahasa Malaysia adalah tentang "Alat Penghibur dan Pembersih di Tandas*", pada saat belajar cikgu yang mengajar bertanya "Apakah di Al-Jannah Kelasnya Menggunakan Penyejuk Ruangan?" Kemudian Salah satu teman saya menjawab "Di Al-Jannah Setiap kelas Ada 2 Penyejuk Ruangan" kemudian salah satu murid Mengatakan"Cikgu, Belikanlah Penyejuk Ruangan untuk Kelas Ni" Kemudian Satu Kelas langsung Tertawa. Baru sekitar 10 menit belajar Bahasa Malaysia pelajaran langsung selesai dan kemudian ketua kelas mengucapkan "Bangun!!, Terimakasih Cikgu" kemudian semua murid termasuk yang dari Al-Jannah Berdiri dan langsung mengikuti apa yang diucapkan ketua kelas. Sedangkan yang dari Al-Jannah hanya Lipsync. Kemudian setelah itu kami langsung duduk, beberapa menit kemudian Cikgu yang mengajar Matematika pun datang kemudian sang Ketua kelas mengucapkan "Bangun!! Selamat pagi Cikgu" kemudian satu kelas langsung berdiri dan mengikuti apa yang diucapkan ketua kelas. Setelah itu semua murid langsung duduk kembali, setelah itu kami diberikan tugas Perkalian 1-10. Setelah mengerjakan tugas perkalian kami langsung masuk ke materi, materinya adalah "Perkalian Ratusan dengan Puluhan" menurut kami ini adalah pelajaran yang Gampang. Pada saat pelajaran kami yang dari Al-jannah dipanggil oleh cikgu yang mengajarkan Matematika, Kemudian sang Cikgu menanyakan apakah materi ini-itu sudah diajarkan dan kalau sudah diajarkan kelas berapa, Apabila ditanyakan Paling kami menjawab Sudah Kelas 2 atau 3 atau 4. Tak lama kemudian Bel Pulang Sekolah Berbunyi, sang ketua kelas pun membubarkan kelasnya, setelah semua murid keluar kami yang dari AL-Jannah kebingungan harus kemana. Karena kami kebingungan salah satu dari kami menanyakan ruang rapat guru dimana, kemudian sang Cikgu menunjukkan arah ke ruang rapat guru. Kemudian kami mengucapkan terimakasih dan langsung menuju ruang rapat guru, pada saat berjalan ke ruang rapat guru, kami sempat bertukar kenangan setelah belajar bersama murid dan diajar Cikgu asli Malaysia. Ada yang bilang seru, pelajarannya GGS(Gampang-Gampang Susah), dan masih banyak lagi. Sesampainya di ruang rapat guru. Kami semua langsung disuruh turun ke kantin untuk makan siang.

BAB 4: Persiapan Perkemahan Dan Perkemahan Hari Pertama

Setelah makan siang. Kami ingin jum'atan bersama Cikgu Shauffi, tetapi karena mobil cikgu Shauffi kecil, saya dan satu teman saya akhirnya Jum'atan Bersama Cikgu Shamim. Pada saat perjalanan ke masjid, kami sempat bercakap-cakap dengan Cikgu Shamim, Tak ada 15 menit. Kami sudah sampai di masjid At-Taqwa TTDI,di Masjid At-Taqwa TTDI. Kami mendengarkan Ceramah menggunakan Bahasa Malaysia dan Sholat Jum'at. Setelah Sholat Jum'at, kami langsung menuju SKTTDI 1 Untuk mempersiapkan perkemahan. Sesampainya di SKTTDI 1, kami dari Al-Jannah langsung Ganti Baju dari baju batik menjadi baju pramuka lengkap dengan Aksesorisnya, setelah semuanya siap kami langsung menuju tempat pendaftaran "Perkhemahan Perdana Unit-Unit Beruniform SKTTDI 1" untuk melakukan pendaftaran, begitu semua yang dari AL-JANNAH selesai melakukan pendaftaran, kami langsung menuju tapak perkemahan untuk mendirikan tenda. Terik Panas matahari justru membuat kami lebih semangat untuk mendirikan tenda, karena tendanya ada 2 tetapi yang ikut hanya 5 Orang akhirnya kami memutuskan 3 orang di tenda 1 dan 2 orang di tenda 2, setelah berkali-kali mencoba mendirikan tenda sendiri tidak bisa, akhirnya kami dibantu 2 guru kami dan akhirnya selesai juga. Begitu selesai mendirikan tenda, kami semua diberi nasehat dan motivasi oleh guru kami, setelah itu, kami langsung berbaris di lapangan. Kami yang dari Al-Jannah berbaris ditengah-tengah. Setelah semuanya berkumpul, kami langsung menuju gedung Dewan PIBG untuk pemanasan. Setelah itu, kami menuju kantin untuk minum petang, begitu selesai, kami langsung menuju tenda untuk mengambil alat sholat dan langsung ke "Surau" untuk sholat ashar berjama'ah. Begitu selesai sholat Ashar kami langsung ke tenda untuk menaruh alat sholat dan kemudian langsung menuju kantin untuk minum petang menggunakan Milo Hangat. Setelah minum petang kami menuju Dewan PIBG untuk Baris-Berbaris dan Pemberitahuan Tempat Mandi. Setelah diberitahu, kami semua langsung mandi. Setelah itu, kami menuju surau untuk sholat maghrib. Setelah sholat maghrib, kami menuju tapak perkemahan untuk menaruh alat sholat dan langsung menuju kantin untuk makan malam, kami makan malam menggunakan Ayam Bumbu Merah. Setelah makan Malam, kami menuju Tenda Masing-masing untuk mengambil alat Sholat dan kemudian ke Surau untuk Sholat Isya, setelah Sholat Isya. Kami ke Tenda untuk Menaruh Alat Sholat dan Kemudian kami ke Gedung Dewan PIBG untuk kegiatan Simpul Menyimpul, tetapi sebelum simpul menyimpul. 2 Guru Al-Jannah (Pak Iswandi dan Pak Emal) memperkenalkan Tepuk Orang Kaya. Setelah itu baru Cikgu dari SKTTDI 1 membagikan kelompok Untuk yang dari Malaysia, setelah itu baru simpul menyimpul di mulai, pada saat Cikgu didepan sedang memperagakan simpul menyimpul, Pak Emal datang Menghampiri, setelah sang Cikgu selesai memperagakan, semua ketua Kumpulan disuruh untuk mengambil buku nilai dan 4 tali ke depan, setelah itu Cikgu-Cikgu dari SKTTDI 1 mendatangi 1 per 1 Kumpulan untuk menilai Simpul menyimpul, simpul yang dinilai antara lain: simpul pangkal, simpul mata, dll. Setelah itu kami dinilai oleh Cikgu, setelah simpul-menyimpul acara selanjutnya adalah "Taklimat Ringkas Kem Komandan". Kemudian sang kem komandan (Cikgu Rafidzol) menyuruh kami untuk tidur, bila tidak bisa tidur Paksa tidur! Nanti jam 23:30 (Waktu Malaysia) akan dicek. Setelah dari gedung dewan PIBG kami menuju ke tenda untuk Duduk-Duduk Santai. Tiba-Tiba Orangtua teman saya datang menghampiri tenda Al-Jannah untuk memberikan Burger dan Laboost (Merk Air Minum Terkenal di Malaysia. Maaf Promosi). Setelah dibagikan, kami langsung menuju toilet untuk sikat gigi, pada saat kembali ke tenda, saya kebelet Pip*s, untungnya ada peserta dari SKTTDI 1 yang ingin ke Toilet. Kemudian saya memutuskan untuk ikut mereka, kemudian saya berjalan menuju tandas sekolah, setelah dari tandas kami pergi ke tenda masing-masing untuk Tidur. Sebelum tidur, salah satu teman saya berpesan kepada saya "Zan, kalo lu udh bangun lu tolong bangunin gua ya".

BAB 5: Persembahan Budaya Antar Negara (China, Indonesia dan Malaysia), Hari Terakhir Perkemahan & Hari ke-3

(Keterangan Foto: Kami sedang tampil senam Go Green)
Pagi harinya kami bangun sendiri-sendiri dan kemudian langsung menuju ke surau untuk Sholat Shubuh. Begitu selesai sholat shubuh, kami menuju perkemahan untuk meletakkan alat sholat dan langsung menuju Dewan PIBG untuk senam. Kami Senam sebanyak 3 kali yakni Senam Poco-poco, Senam Pramuka dan Senam Pinguin. Pada saat senam pinguin, Peserta dari SKTTDI 1 kelucuan karena musik dan gerakan pinguin yang unik dan lucu. Kemudian begitu selesai Senam kami langsung ke kantin untuk sarapan menggunakan nasi lemak, Setelah sarapan, kami disuruh mandi karena habis itu kami yang dari Al-Jannah ingin Tampil, jadi,,, Kami bersiap-siap dan berdandan. Begitu semua selesai, kami langsung menuju Dewan PIBG untuk tampil, di Dewan PIBG sudah ada Peserta Perkemahan. Hadir Juga murid-murid dari Chuiyangliu Center Elementary School (China), SK. Taman Tun Dr. Ismail 2 (Malaysia) & SK. Taman Bukit Maluri (Malaysia). Acara dimulai dengan penyanyian lagu "Negaraku", begitu selesai penyanyian lagu "Negaraku". 2 Cikgu SKTTDI 1 langsung membuka acara. Yang tampil pertama adalah SK Taman Tun Dr. Ismail 1-SK Taman Tun Dr. Ismail 2-SK Taman Bukit Maluri-Al-Jannah Islamic Fullday School-Chuiyangliu Center Elementary School. Pada saat SK Taman Bukit Maluri Tampil, kami sudah berada dibelakang panggung. Begitu Kak Dzaki Menjadi MC untuk Al-Jannah dan mengucapkan "Tor-Tor Dance" kami langsung bersiap. Begitu tampil kami merasa agak lega karena sudah tampil, kemudian setelah Tari Tor-Tor, waktunya SMP menampilkan Tari dari Bali, Ampar-Ampar Pisang dan Sirih Kuning. Kemudian Senam Go Green & Pinguin, Tari dari Bali(SMP) dan sebagai penutup lagu Bunda by Melly Goeslaw dan Celine Dion That's the way it is. Kemudian penampilan dari China. China menampilkan seperti KungFu, Suling, Taekwondo, dll. Begitu selesai Persembahan Budaya Antar Negara, kami langsung berfoto, pemberian sertifikat dan souvenir yakni Petronas Twin Tower. Begitu selesai, kami menuju tenda Dan kemudian kami langsung menuju Dewan PIBG untuk acara terakhir yakni "bengkel kraf tangan". Pada saat "bengkel Kraf tangan" kami membuat bunga didalam botol yang sudah di cat dan bunga dari kertas. Begitu selesai bengkel kraf tangan kami langsung ke tenda untuk mengambil tas dan menutup tenda kemudian meletakkan tas di depan Dewan PIBG untuk penutupan. Pada saat penutupan, kami bersalaman, meminta maaf, memberikan souvenir, bertukar permen, dll. Begitu selesai. Saya dan teman Saya memberikan Topi Go Green kepada cikgu Dari SKTTDI 1. Saya memberikan kepada Cikgu Afiq, sedangkan teman Saya memberikannya kepada Cikgu Afham. Begitu selesai kami langsung menuju Penginapan untuk Beristirahat. Kami yang anak-anak dan guru-guru dipisah, begitu saya dan teman-teman saya sampai, kami langsung ke Lift untuk naik Ke Kamar, tetapi kami heran karena lift nya mengapa turun, padahal saya memencet tombol nya ke atas. Eh GakTaunYa, Pak Emal, Pak Ujum Dan Pak Iswandi ada dibawah dan mengangetkan kami dengan menyamar seperti orang yang tidak dikenal. Setelah itu kami ke kamar untuk mandi sore dan beristirahat, begitu adzan maghrib kami langsung Sholat. Begitu selesai Sholat kami langsung makan di Cafe Al-Ghufran. Kami makan menggunakan Ikan, Sup, Nasi, Sirup, Sayur, dll. Pada saat kami makan malam, kami sambil menonton sinetron malaysia. Kami makan sambil menikmati malam di TTDI yang sejuk, adem, dll. Setelah itu kami ke kamar untuk Sholat Isya, Merapihkan Koper, Istirahat, dll.

BAB 6: Hari Terakhir di Malaysia

(Keterangan Foto: Foto terakhir kami di SK. Taman Tun Dr. Ismail 1)

Kami bangun setengah jam sebelum Shubuh. Begitu bangun, kami langsung disuruh mandi, merapihkan kamar, dll. Begitu kami selesai mandi, kami langsung Sholat shubuh dan kembali ke kamar untuk membawa barang-barang ke bawah dan kami menunggu beberapa menit untuk dijemput dan diantar ke SKTTDI 1 untuk sarapan. Sesampainya di SKTTDI 1 kami langsung sarapan dan begitu selesai sarapan kami langsung berfoto di depan SKTTDI 1. Begitu selesai berfoto kami langsung berangkat ke tempat souvenir/oleh-oleh. Disana, kami membeli oleh-oleh seperti baju, gantungan kunci, magnet kulkas, miniatur KL Tower, dll. Setelah itu kami berangkat city tour ke Istana Yang Dipertuan Agong malaysia. Kami disana hanya berfoto-foto. Setelah dari Istana Yang Dipertuan Agong kami menuju Putrajaya. Di bus kami kebanyakan tidur, main hp, liat pemandangan, bergurau bersama, mengobrol dengan Cikgu, dll. Pada saat di perjalanan kami sempat maksn siang disebuah rest area mini. Setelah dari makan siang, kami langsung ke Putrajaya. Sesampainya di Putrajaya, kami langsung sholat di masjid Putra (Masjid Negara. Seperti masjid Istiqlal nya Indonesia). Begitu turun dari bus. Kami melihat Ada bendera Malaysia dan Bendera Wilayah Lainnya seperti Bendera Negeri Sembilan, Penang, Selangor, dll. Begitu menginjakkan kaki di Masjid kami langsung berwudhu dan sholat dzuhur. Begitu selesai sholat kami berfoto-foto, melihat Cyberjaya dari kejauhan, dll. Setelah itu kami langsung menaiki bus untuk ke bandara. Pada saat perjalanan dari Putrajaya ke Bandara kami ada yang tidur, merekam perjalanan, main HP, mengobrol, makan, dll. Tak Sangka sudah sampai bandara. Begitu sampai di bandara kami langsung ke tempat tunggu. Sesampainya di ruang tunggu, kami langsung berangkat ke tempat boarding. Sebelum itu kami bersalaman dengan Cikgu Shaf, Cikgu Seri dan Cikgu Akmal. Setelah itu kami membeli beberapa souvenir dan langsung ke pesawat Malaysia airlines MH 725. Kami takeoff beberapa menit setelah duduk. Di pesawat, kami kebanyakan tidur atau menonton tv. Tak Sangka, kami sudah mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Kemudian kami pengecekan imigrasi dan kami langsung ke terminal kedatangan. Disana kami sudah ditunggu orangtua masing-masing. Setelah itu kami pulang ke rumah masing masing untuk istirahat.

Peserta:

12. Aulia(SMP)
  13. Nadhira(SMP)
  14. Zahra
  15. Denela
  16. Fatimah

4. Pak Ujum
  5. Pak Iswandi
                 Wali Murid:
  1. Tante Metty (Mama Zahra)
  2. Tante Lisa (Mama Thifa)
  3. Tante Santi (Mama Aisyah)
  4. Om Rahman (Ayah Daffa)
  5. Tante Ratna (Mama Daffa)

Our Special Thanks To:

1. Allah SWT
               2. Bang Asrul (instruktur atau pelatih tor-tor)
               3. Crew Pesawat
               4. Cikgu Dari SKTTDI 1 yang tak dapat kami sebutkan 1 per 1
               5. Murid Dari SKTTDI 1 yang tak dapat kami sebutkan 1 per 1
               6. Teachers from Chuiyangliu Center Primary School
               7. Students from Chuiyangliu Center Primary School
               8. Guru SD dan SMP Al-Jannah Islamic Fullday School
               9. Wali Murid

Sekian Blog dari Saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Kami Mengharapkan sekali sekolah lain dapat melakukan Program Ini. Dan Kami mengharapkan Sekali Blog ini Dapat Difilmkan. Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa di Blog Saya Yang Lain. Wassalam